Monday 16 November 2020

Source Code Aplikasi Ujian Berbasis Komputer

Source Code Aplikasi Ujian Berbasis Komputer atau biasa juga disebut CBT, diaplikasikan guna menjadi sistem ujian berbasis komputer yang dapat dilakukan secara online maupun offline, baik pada sekolah ataupun pada perguruan tinggi dan instansi lainnya.  Aplikasi ujian berbasis komputer ini bangun sepenuhnya memanfaatkan fitur pada laravel. Mulai dari ORM untuk model databasenya, Routing Resource buat memetakan sumber daya pada model soal ujian, lembar ujian, pengguna dan lain lain. Dan untuk desain frontend tampilan menggunakan Bootstrap 3, untuk efisiensi dan efektifitas, sangat mudah dan cepat, apalagi forum dan penggunanya yang sudah cukup banyak.




Ujian berbasis komputer pada sekolah sekarang ini masih sangat jarang sekali dilakukan, karena itu perlu adanya inovasi membuatnya, sehingga dengan adanya aplikasi ujian berbasis komputer ini siswa bisa dengan mudah belajar, Aplikasi ujian online berbasis web adalah solusi yang bagus untuk developer web dan aplikasi ujian online ini menggunakan jquery sehingga lebih interaktif dan ringan, Aplikasi ujian online berbasis laravel masih sangat jarang sekali ditemui di setiap sekolah hampir di semua level. Website ujian online dengan php ini terdapat bebepapa tutorial membuat ujian online dengan php, disini kita akan belajar tentang membuat program ujian online berbasis laravel dan untuk templatenya aplikasi ujian online ini menggunakan bootstrap, source code aplikasi ujian berbasis komputer ini akan saya share kepada anda secara free, yaitu Source Code Aplikasi Ujian Online Dengan Menggunakan Laravel dan Bootstrap.

Simulasi UNBK (mandiri)
Ujian Akhir Semester (UAS)
Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
Latihan Soal Mandiri
Try Out
TUC
Ulangan Harian Berbasis Komputer

Sebelum menjalankan aplikasi ini, silahkan disiapkan terlebih dahulu beberapa software dan ekstension berikut:
 

PHP versi 7.2 keatas
OpenSSL PHP Extension
PDO PHP Extension
Mbstring PHP Extension
Tokenizer PHP Extension
XML PHP Extension
MySQL
Browser (lebih direkomendasikan Chrome versi 60 keatas

Anda dapat menggunakan beberapa paket yang siap pakai untuk mempersingkat proses instalasi aplikasi ini.
Instalasi

Disini akan saya jelaskan proses instalasi pada sistem operasi Windows.

Pertama silahkan download XAMPP, silahkan download disini. Silahkan install XAMPP yang telah berhasil Anda download. Pastikan dikomputer Anda belum terinstall PHP & MySQL untuk menghindari konflik port. Apabila sebelumnya telah ada, silahkan cek versi PHP harus 7.2.  Setelah berhasil menginstal PHP dan MySQL (dalam paket XAMPP), kita lanjutkan install composer dan gitbash.

Buka command prompt (gitbash) lalu arahkan ke folder htdocs (ada didalam folder xampp, misal Anda menginstal di C. Berarti Anda harus ke folder C:\xampp\htdocs).

Setelah itu ketikan:

git clone https://github.com/wisnuvb/tixam.git
git clone https://github.com/wisnuvb/tixam.git

Tunggu sampai file selesai di clone ke folder htdocs server Anda, lalu masuk ke folder tixam dengan mengetikan (cd tixam) pada command prompt (gitbash) Anda, lalu ketikan :

composer install -q --no-ansi --no-interaction --no-scripts --no-suggest --no-progress --prefer-dist php artisan key:generate

composer install -q --no-ansi --no-interaction --no-scripts --no-suggest --no-progress --prefer-dist
php artisan key:generate

Atau apabila anda telah melakukan instalasi sebelumnya silahkan update composer dengan ketikan script dibawah ini (opsi ini hanya digunakan apabila terdapat update aplikasi, saat instalasi awal tidak diperlukan menggunakan script ini karena akan memakan waktu cukup lama):

composer update --verbose --profile --prefer-dist
composer update --verbose --profile --prefer-dist

Buka browser dan ketikan url http://localhost/phpmyadmin. Lalu buat database baru dengan nama tixam. Setelah itu ketikan script berikut pada command promt:

php artisan migrate php artisan db:seed
php artisan migrate
php artisan db:seed

Setelah proses diatas berhasil dilalui tanpa hambatan, silahkan akses di browser url http://localhost/tixam/public untuk mengakses aplikasi ujian.

Untuk login sebagai guru silahkan gunakan email: admin@ayosinau.com, password: secret

Aplikasi ini dibangun oleh Wisnu Pramono. E.S bersifat terbuka, siapapun dipersilahkan untuk menjadi kontributor untuk meningkatkan kualitas aplikasi ini. Buat yang telah berhasil menggunakan, dan ingin memberikan donasi atau ada pertanyaan seputar pengembangan aplikasi ujian online ini, silahkan hubungi langsung developernya melalui link di atas, dan jangan lupa di share ya supaya aplikasi kita ini semakin dikenal luas dan membawa manfaat lebih banyak lagi bagi dunia pendidikankita.