Friday 27 October 2017

Cara Membuat Aplikasi Senter atau Flashlight Android Delphi

Selamat pagi sahabat gudang coding, kemabali lagi di blog gudang coding aplikasi, tempat berbagi informasi tentang dunia pemrograman dan aplikasi. dan pada postingan kami kali ini gudang coding akan memeberikan informasi mengenai source code berbasis Android yaitu Cara Membuat Aplikasi Senter atau Flashlight Android Delphi
 
apa kabar? tentunya sehat selalu. pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai membuat aplikasi senter atau flashlight android delphi. memang benar setiap handphone pada saat ini sudah memiliki flashlight tersendiri namun jika kita membuatnya sendiri dengan hasil tangan sendiri tentunya ada kebanggan tersendiri memakasinya.
baiklah saya akan mulai memberitahu bagaimana cara membuat aplikasi senter atau lashlight android delphi. pertama-tama openlah new project


  • jika sudah maka pilink Blank project, ganti project dengan android lalu pilih emulator yang kalian gunakan.
  • setelah membuat form maka di lanutkan dengan menambahkan cameracomponent ke dalam project, cameracomponent ini digunakan dengan tujuan untuk memamfaatkan flash dari kamera handphone kita sebagai lampu. berikut gambar komponent nya.

  • setelah menambahkan component cameracomponent di lanjutkan dengan menambahkan 3 komponen rectingle dimana 1 rectile untuk gambar background sedangkan 2 rectingle kita mamfaatkan sebagai tombol sekaligus indokator pemberi tahu lampu sudah menyala tau tidak. seperti gambar di bawah ini.

  • setelah membuat tampilan aplikasi dan menambahkan komponen maka di lanjutkan pada sesi pengkodingan. pertama tama pilihlah Form1 dan pilih event . pada menu oncreate masukkan scrip berikut ini.
procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin
    CameraComponent1.Active:=true;
end;
  • jika kalian sudah menambah script diatas pada fungsi on create form 1 maka pada RCOFF kalian tambahkan script berikut ini.
                 procedure TForm1.RectangleOffClick(Sender: TObject);
                   begin
                     CameraComponent1.TorchMode:=TTorchMode.Modeoff;
                     RectangleOff.Visible:=false;
                     RectangleOn.Visible:=True;
                   end;
  • lakukan hal yan sama pada RCon cuma ganti Tochmode menadi on, RCOff False, RCOn true seperti script dibawah ini.
procedure TForm1.RectangleOnClick(Sender: TObject);
begin
CameraComponent1.TorchMode:=TTorchMode.ModeOn;
RectangleOn.Visible:=false;
RectangleOff.Visible:=True;
end;

Aplikasi  ini juga  dapat dijadikan referensi dalam menyusun tugas akhir atau dapat juga langsung diaplikasikan. Aplikasi ini bisa sahabat gudang coding download  melalui link download yang tersedia dibawah ini.

Cara Membuat Aplikasi Senter atau Flashlight Android Delphi
Baca cara Downloadnya Disini


Link Download Source Code