Wednesday 5 April 2017

Tutorial Cara Mengatasi Notice: Undefined index di PHP

Selamat pagi sahabat gudang coding, masih tetap setia kan dengan gudang coding? hehe.. ya gudang coding merupakan tempat berbagi informasi mengenai dunia pemrograman dan aplikasi, sahabat gudang coding yang kami sayangi, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai error atau sebuah notice pada aplikasi berbais web. tentunya sahabat gudang coding pernah mengalami notice atau warning saat menjalankan sebuah aplikasi yang berbasis web khususnya aplikasi dengan menggunakan pemrograman php, yang sering di jumpai yaitu sebuah warning/notice "Notice: Undefined index" seperti contoh pada gambar dibawah ini:



Notice: Undefined index: status in C:\xampp\htdocs\nilai\setup_kelas.php on line 52

Notice: Undefined index: status in C:\xampp\htdocs\nilai\setup_kelas.php on line 67


Jika sahabat mengalami hal tersebut tenang, jangan khawatir dan jangan bimbang, yang perlu kita lakukan jangan panik.. hehe Sebenarnya ini hanyalah pesan peringatan notice, bukan kesalahan atau error pada coding kita, tapi jika dibiarkan walaupun tidak membuat aplikasi kita terpengaruh dengan warning tersebut pastinya akan sedikit mengganggu bukan? Terus bagaimana cara menghilangkanya? caranya cukup mudah kok, ikuti lang-langkah berikut ini. Untuk mengatasi masalah di atas ikuti langkah - langkah berikut ini 

Copy code dibawah ini
 error_reporting(E_ALL ^ (E_NOTICE | E_WARNING));  
Jika sudah di copy, sahabat buka file yang muncul notice nya, pada contoh di atas ada pada file setup_kelas.php di line ke 52 dan 67, taruh script yang sahabat copy tadi di baris sebelum peringatan notice tadi.



jika sudah, sipan dan coba jalankan kembali program yang muncul notice tadi, jika benar maka notice tadi akan hilang dan tampilan akan akan berubah seperti gambar dibawah ini.



Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sekian dari kami salam hangat sahabat gudang coding, tunggu informasi selanjutnya ya.. :)