Thursday 28 September 2017

Cara Membuat Koneksi Database MySQL Dengan PHP

Tags

Selamat malam sahabat gudang coding kali ini kami akan memberikan ulasan sedikit tentang cara membuat koneksi database MySQL dengan bahasa pemograman PHP dengan perintah "mysql_select_db".

Untuk keperluan pembuatan web dinamis yang menggunakan database sebagai penyimpanan data (dalam hal ini database mysql) maka di perlukan koneksi atau penghubung dari pemograman PHPke server database MySQL. Nah mari kita bahas mengenai koneksi database MySLQ dengan script PHP, berikut ini adalah penampakan script koneksi dengan bahasa pemograman PHP :

<?php
$koneksi = mysql_connect("localhost","root","hardy");
if ($koneksi) {
mysql_select_db("kampus",$koneksi)
or die ("Database tidak ditemukan!".mysql_error());
}
else {
echo "Gagal terhubung ke server!";
}
?>  
Silakan copy script di atas ke notepad atau tool lain nya kemudian simpan dengan nama koneksi.php

Penjelasan nya pada script di atas pada baris ke 2 adalah perintah untuk menghubungkan ke server MySQL "localhost" adalah nama server, "root" adalah nama user dan "hardy" merupakan password. Kemudian pada baris 3 sampai 6 adalah untuk proses seleksi database mana yang akan kita gunakan( dalam hal ini database nya "kampus").Jika database nya tidak ada makan akan keluar pesan "Database Tidak Ditemukan!". Kemudian setelah itu akan muncul pesan "Gagal terhubung ke server" yang bisa dikarenakan kesalah pada baris ke 2 yaitu namahost,user dan password.

Nah mungkin itu saja yang dapat ane sampaikan kali ini, tentunya sangat mudah bukan membuat koneksi database MySQL dengan PHP. Ane mohon maaf sebelumnya bila banyak kekurangan dari ane. Semoga bermanfaat ya.