Cara Installasi dan Konfigurasi PHP dengan XAMPP

Sebelum ke tahap installasi program XAMPP, Saya mau menjelaskan dulu apa itu XAMPP itu, tapi mungkin ada diantara Anda sekalian yang sudah mengetahui tentang fungsi dari software untuk pengembangan website ini. Software XAMPP cukup membantu untuk para pemula yang ingin belajar mengenai pembuatan atau pengembangan website.

Xampp adalah salah satu software yang biasa di gunakan web develpment karena fiturnya yang bisa menjalankan website secara offline di laptop/komputer anda, untuk menjalankan ini sangat mudah dan tidak ribet. Cukup dengan tutorial di internet anda sudah bisa menginstall atau menjalankan web di laptop anda lewat localhost dan tanpa koneksi internet untuk menguji web kita. Kesimpulannya xampp berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Oke fungsi dari XAMPP itu sudah Anda pahami, kita langsung ke inti tutorial installasi dan konfigurasinya.

Pertama yang kita siapin dulu yaitu laptop/PC Anda pastinya. kalo punya orang nanti dimarahin ama yang punya deh. Setelah laptop/PC siap, Anda download dulu software installasi XAMPP nya,
klik link download dibawah ini untuk mendownload nya. Download sesuai dengan tipe sistem operasi Anda 64bit atau 32bit,

Setelah Anda selesai mendownload file nya, jalankan XAMPP yang tadi Anda download.Akan keluar tampilan setup seperti gambar dibawah ini.


klik next untuk memulai installasi, biarkan settingan default dan direktori nya. Sampai ke tahap seperti gambar di bawah ini.


klik next 2 kali lagi, sehingga nanti tahap unpackagging file installasi nya mulai dan silahkan tunggu sebentar. Seperti gambar dibawah ini.


Jika proses unpackagging installasi sudah selesai maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.


Silahkan klik centang untuk menjalankan langsung program XAMPP nya, jika Anda tidak mau menjalankan langsung klik uncheck. dan klik Finish. Karena saya mencentang opsi tadi maka jendela Control Panel XAMPP akan keluar,

Kemudian klik start pada baris Apache dan MySQL untuk mulai belajar pemrograman web dengan PHP, nanti tampilan Control Panel XAMPP akan seperti gambar dibawah ini


Silahkan buka browser default Anda (Firefox, Google Chrome atau IExplorer), kemudian ketikan di addressbar browser anda localhost nanti akan ada opsi bahasa yang ingin anda gunakan. Saya memilih english untuk memulai nya. Jika sudah nanti akan keluar tampilan seperti dibawah ini.


Selamat program XAMPP telah terinstall di PC/Laptop Anda, di tutorial selanjutnya Saya akan memulai kodingan PHP pertama kita. Tutorial Dasar Pemrograman PHP 3: method post dan get dalam pemrograman PHP.

Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca, tunggu Tutorial Dasar Pemrograman PHP selanjutnya yah. Thanks
Previous
Next Post »