Saturday 19 August 2017

Cara Mengubah Format Tanggal Inggris menjadi Indonesia di PHP

Apakabar sahabat gudang coding? semoga baik selalu, kembali lagi di blog gudang coding aplikasi blog tempat berbagi informasi mengenai pemrograman dan aplikasi.
Setelah sekian lama kami memosting lumayan banyak Download Source code kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai format tanggal di web  dengan php, Nah kali ini gudang coding akan memberikan info salah satu fungsi yang ada di PHP yaitu substr. Jadi fungsi ini nanti  digunakan untuk mengubah format tanggal inggris ke format tanggal indonesia, karena supaya lebih lebih baik dilihat karena mudah dibaca.
Baiklah jangan lama-lama penjelasannya mari kita mulai membuatnya.

1. Pertama kalian buka Editor Text. Entah itu Notepad++, sublime atau yang lainnya. Setelah itu sahabat gudang coding tuliskan kode seperti berikut ini :



Simpan kode tersebut dengan nama format_tgl.php

Penjelasan Kode 
- Pertama kita ambil dulu tanggal dengan format inggirs yaitu date("Y-m-d") akan menghasilkan format YYYY-mm-dd.
- Kemudian kita pisahkan tanggal dimulai dari tahun, bulan, dan tanggal dengan fungsi substr
- Lalu kita ubah angka dua digit untuk bulan menjadi nama bulan.

2. Setelah semuanya selesai sekarang tinggal dicoba jalankan. Pastikan untuk menjalankan kode PHP tersebut Apache dan MySQL pada Xampp sudah berjalan. Hasilnya bisa dilihat seperti berikut :

Taraa.... maka hasilnya dapat dilihat seperti gambar diatas, mudah kan, kali ini sekian dulu ya sahabat gudang coding, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, karena berbagi itu asyik.. hehe selamat bertemu lagi di gudang coding ya sahabat, tunggu informasi tentang download source code dan tutorial yang lainnya juga yah.. :)