Sunday 29 October 2017

Mengenal CodeIgniter Bagi Pemula

CodeIgniter merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa framework PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006. Versi stabil terakhir adalah versi 3.0.4.

Kelebihan Codeigniter :
GratisCodeigniter dilisensikan dibawah lisensi Apache/BSD style open source. Jadi ini berarti Codeigniter dapat dipakai secara bebas.
Support PHP4 dan PHP5Walau saat ini PHP telah mencapai versi 5 bahkan versi 6, namun masih banyak juga orang – orang yang memakai PHP4. Oleh sebab itu, pengembang Framework Codeigniter memperhatikan betul setiap pengguna, oleh karenanya Framework Codeigniter dikembangkan agar mampu berjalan baik PHP4 Maupun PHP5.
Ukuran File Kecil dan CepatDibandingkan dengan Framework lain, semisal CakePHP, Codeigniter adalah alternative bagi kamu yang menginginkan akses yang cepat. Kenapa bisa cepat? Karena Codeigniter hanya me-load fungsi atau library yang digunakan saja, berbeda dengan Framework lainnya yang menggunakan seluruh library walaupun library tersebut tidak digunakan. Alasan inilah yang menjadikan Codeigniter dengan akses tercepat dan ringan.
DokumentasiFramework yang baik pastinya dilengkapi dengan dokumentasi yang lengkap dan mendukung, agar bisa mudah dipahami oleh penggunanya. Didukung oleh User Guide yang mudah dimengerti, dari mulai install sampai pada fungsi-fungsinya semua ada.
Memakai konsep MVC
Codeigniter memakai konsep MVC (Model View Controller), konsep modern yang banyak dipakai oleh framework PHP lainnya. Dengan adanya MVC, Pengerjaan antara logika dengan layout telah dipisahkan, sehingga antara si programmer dan designer dapat santai melakukan tugasnya.
KomunitasFramework Codeigniter memiliki sebuah komunitas, kamu bisa bergabung pada situs codeigniter.com/forumsKekurangan Codeigniter :

Codeigniter dikembangkan oleh Ellislab dan bukan oleh suatu komunitas, yang menyebabkan update core engine-nya tidak secepat framework lain.
Tidak ditujukan untuk pembuatan web dengan skala besar (enterprise) walaupun tersedia banyak library.
Masih banyak kelonggaran dalam hal coding, misalnya bebas dalam menambah file.
Tidak mencerminkan MVC yang sesungguhnya, misalnya penulisan echo masih dapat dilakukan pada file controller.
Penggunaan Codeigniter :

Hal pertama yang dilakukan adalah mendownload codeigniter, codeigniter dapat di download di situs resminya codeigniter.com.
saya di sini menggunakan xampp, xampp dapat di download di www.apachefriends.org dan untuk editor saya menggunakan sublime text 3 bisa di download di sini.
buat folder dengan nama CI, lalu copy kan file codeigniter yang sudah kita download tadi.
extract file codeigniter tersebut
buka tab browser baru dan ketik localhost/ci, ini adalah tampilan awal codeigniter.
anda sudah berhasil menginstall codeigniter