Thursday 27 October 2016

SOURCECODE- ANDROID (AUGEMENTED REALITY POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA)

Tags

Selamat siang sahabat gudang coding, kembali lagi pada blog gudang coding tempat berbagi informasi tentang dunia pemrograman dan aplikasi. Pada kesempatan ini kami kembali lagi memosting sebuah aplikasi berbasis adroid. Yaitu sebuah aplikasi berbasis augmented reality, dengan menggunkan Unity 3D, tepatnya sebuah Aplikasi AUGEMENTED REALITY POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA  Augmented Reality merupakan aplikasi yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia Virtual.

Lembaga pendidikan. Politeknik Harapan Bersama (PHB) merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mengemban kewajiban untuk dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidangnya. Sebagai media promosi, Politeknik Harapan Bersama memanfaatkan peranan teknologi seperti web Politeknik Harapan Bersama melalui internet. Sedangkan untuk mengabadikan atau sebagai arsip lembaga, Politeknik Harapan Bersama memiliki data gambar gedung kampus dan belum ada miniatur 3D bangunan Politeknik Harapan Bersama. Namun miniatur 3D juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu tidak praktis dari segi ukuran, karena membutuhkan ruang yang besar, hanya dapat dilihat oleh orang tertentu karena letaknya yang hanya pada suatu lokasi, dan dari segi pemanfaatan teknologi terlihat kurang mengikuti perkembangan teknologi.

Oleh karena itu dibutuhkan sebuah teknologi yang dapat mengabadikan bentuk-bentuk gedung kuliah Politeknik Harapan Bersama dalam suatu media yang tidak membutuhkan ruang menyimpan yang besar, praktis, canggih, dan menarik sehingga masyarakat yang ingin mengetahui tentang gedung kampus Politeknik Harapan Bersama dapat mengaksesnya dengan mudah tanpa harus datang langsung ke kampus Politeknik Harapan Bersama. Salah satu teknologi yang sedang popular di kalangan masyarakat adalah teknologi augmented reality (AR) yang memadukan antara kondisi nyata dengan benda-benda maya menjadi satu kesatuan.

Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality pengenalan Gedung Politeknik Harapan Bersama adalah model SDLC sampai pada tahap pengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan library vuforia yang mampu menampilkan objek 3 dimensi gedung Politeknik Harapab Bersama ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan logo dan smartphone android.
Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi yang memberikan informasi terkait gedung Politeknik Harapan Bersama melalui sebuah smartphone dan logo Politeknik Harapan Bersama, logo ini berfungsi sebagai marker untuk menampilkan objek gedung Politeknik Harapan Bersama lengkap dengan suara narasi dalam bahasa indonesia.

pada aplikasi AR PHP ini menggunakan marker logo Politeknik Harapan Bersama. Cara penggunaannya sangat mudah sekali, kita hanya cukup menginstal aplikasi AR PHB, dengan minimal sistem operasi Smartphone Jelly Bean. setelah diinstal, tinggal Klik START, maka otomatis akan terhubung dengan kamera smartphone anda, kemudian arahkan kamera ke marker / Logo Politeknik Harapan Bersama maka Virtual Gedung Politeknik Harapan Bersama akan muncul dan dilengkapi dengan  narasi dalam bahasi Indonesia.




Aplikasi  ini juga  dapat dijadikan referensi dalam menyusun tugas akhir atau dapat juga langsung diaplikasikan. Aplikasi ini bisa sahabat gudang coding download  melalui link download yang tersedia dibawah ini.
Download Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Gedung Politeknik Harapan Bersama (AR PHB)