Tuesday 9 May 2017

Sourcecode Aplikasi Perpustakaan Menggunakan VB.6

Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu mengalami perkembangan secara dinamis, salah satu dari sekian banyak perkembangan teknologi dalah komputer. Komputer sebagai alat bantu manusia memiliki kelebihan diantaranya kecepatan, keakuratan, serta keefisienan dalam pengolahan data dibandingkan dengan sistem manual.
Pengolahan data menjadi terkomputerisasi inilah yang sangat dibutuhkan untuk membantu dalam penyampaian informasi secara cepat tepat dan akurat. Komputer sudah merambat dalam berbagai bidang, baik dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan sehingga secara tidak langsung telah menciptakan persaingan yang sangat ketat antara sekolah yang satu
dengan lainya. Oleh karena itu perkembangan teknologi juga harus diikuti oleh pengelola instansi pendidikan. Dalam instansi pendidikan membutuhkan aplikasi untuk mengumpulkan, mengelola, menyimpan, melihat kembali dan menyalurkan informasi. Komputer merupakan salah satu sarana yang dapat membantu kegiatan tersebut. Hasilnya akan mempunyai nilai lebih dari pada system yang diolah secara manual atau tertulis, seperti pada perpustakaan yang memiliki jumlah data cukup banyak maka perlu penanganan khusus.

Peranan teknologi informasi di perpustakaan pada saat ini sangat dibutuhkan. Kehadiran teknologi menyebabkan pengelolaan informasi akan menjadi mudah dan cepat. Dengan adanya teknologi informasi dapat membantu pustakawan untuk mengerjakan tugas-tugas kepustakawanan lebih mudah dan cepat.

SMK Grafika Jatinegara Kabupaten Tegal merupakan salah satu sekolah menengah atas yang belum menggunakan aplikasi berbasis komputer pada bagian perpustakaanya, dimana sistem pengolahan datanya sampai saat ini masih bersifat manual atau masih tertulis dibuku jurnalbesar.

Sistem ini membuat lambatnya informasi data yang dihasilkan. Hal ini menjadi kurang efisien, karena dalam pencatatan data secara manual atau tertulis akan membutuhkan waktu yang lama. Sehingga sering terjadi kesalahan dalam pencarian data. Seperti dalam pencarian data buku, data peminjaman dan data pengembalian. Berikut ini beberapa tampilan dari Aplikasi Perpustakaan Menggunakan VB.6





Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0, sedangkan databasenya menggunakan MySQL. Melalui sistem ini Staff bisa memproses peminjaman/pengembalian buku dengan cepat, mencetak lporanlaporan dengan mudah. Untuk mempercepat pencarian buku-buku dan pencarian transaksi peminjaman/pengembalian.
Aplikasi  ini juga  dapat dijadikan referensi dalam menyusun tugas akhir atau dapat juga langsung diaplikasikan. Aplikasi ini bisa sahabat gudang coding download  melalui link download yang tersedia dibawah ini.
Sourcecode Aplikasi Perpustakaan Menggunakan VB.6

Baca cara Downloadnya Disini


Link Download Sourcecode
DOWNLOAD