Saturday 8 April 2017

Cara Mengatasi Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in

Tags

Selamat pagi sahabat gudang coding, masih kembali lagi di blog gudang coding tempat berbagi informasi mengenai dunia pemrograman dan aplikasi. Pada postingan kali ini kami akan berbagi cerita dan informasi seputar masalah troubel pada aplikasi berbasi web, terutama yang menggunakan pemrograman php, mungkin pada kasus ini sahabat pasti pernah mengalaminya, yaitu pada saat menjalankan aplikasi berbasis web kita baik lewat local maupun yang sudah kita hostingkan muncul error / comment seperti ini Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in"



Jika sahabat mengalami hal tersebut tenang, jangan khawati dan jangan bimbang, yang perlu kita lakukan jangan panik.. hehe Sebenarnya ini hanyalah pesan peringatan notice, bukan kesalahan atau error pada coding kita, tapi jika dibiarkan walaupun tidak membuat aplikasi kita tidak terpengaruh dengan warning tersebut pastinya akan sedikit mengganggu bukan? Terus bagaimana cara menghilangkanya? caranya cukup mudah kok, ikuti lang-langkah berikut ini. Untuk mengatasi masalah di atas ikuti langkah - langkah berikut ini 

1. Contoh script php yang sebelumnya





2. Kemudian sahabat ketikan coding berikut ini : 

error_reporting(E_ALL ^ E_DEPRECATED);error_reporting(E_ALL ^ E_DEPRECATED);  
letakan Pada script yang bermasalah, lihat gambar di bawah Jika sudah di copy, sahabat buka file yang muncul notice nya, pada contoh di atas ada pada file setup_kelas.php di line 7, taruh script yang sahabat copy tadi di baris sebelum peringatan notice tadi.




jika sudah, simpan dan coba jalankan kembali program yang muncul notice tadi, jika benar maka notice tadi akan hilang dan tampilan akan akan berubah seperti gambar dibawah ini.



Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sekian dari kami salam hangat sahabat gudang coding, tunggu informasi selanjutnya ya.. :)